Tuesday, May 9, 2017

Hewan Terkuat di Bumi Tardigrades !


Tardigrades, atau beruang air, adalah hewan air mikrobia bersegmen dengan delapan kaki. Meskipun kenampakannya mirip serangga atau kutu, dia memiliki penggolongan tersendiri dalam filum Tardigrada. Hewan aneh ini hanya berukuran kurang dari 1 milimeter, tetapi dia terkenal akan ketahanan hidupnya yang sangat luar biasa, melebihi binatang apapun. Persebarannya sangat luas mulai dari puncak gunung hingga dasar lautan. Dia hidup disekitar lumut atau alga yang menjadi makanannya.


Apa saja kekuatan yang dimilikinya ?

1. Tahan Suhu Tinggi

Tardigrades mampu bertahan beberapa menit pada suhu 151C, 30 tahun pada suhu -20C, beberapa hari pada -200C, dan beberapa menit pada suhu -272C.

2. Tekanan Tinggi

Mereka dapat bertahan pada tekanan yang sangat rendah dari ruang hampa dan juga tekanan yang sangat tinggi, lebih dari 1.200 kali tekanan atmosfer. Tardigrades bisa bertahan pada gabungan vakum ruang terbuka dan radiasi matahari untuk setidaknya selama 10 hari. Beberapa spesies juga dapat bertahan dari tekanan 6.000 atmosfer, hampir enam kali tekanan air palung laut terdalam, palung Mariana.

3. Dehindrasi

Rekornya bertahan tanpa air sama sekali adalah 10 tahun! Ketika terpapar kekeringan ekstrim, tardigrades mengaktifkan protein khusus bernama TDPs yang mampu membungkus sel-sel tubuhnya dalam molekul serupa kaca. Selama mengalami dehidrasi tubuhnya menjadi dorman dan mengalami penyusutan kandungan air dari 80% air hingga hanya tersisa 3%.

4. Radiasi Ionik

Radiasi ionik merupakan paparan gelombang elektromagnetik yang mampu merobek setiap partikel sel hidup yang dilaluinya, seperti sinar gamma dan sinar X. Pada manusia, paparan 5-10 Gy sinar gamma merupakan dosis mematikan, tardigrades mampu bertahan pada dosis 5000Gy! Diduga kemampuan ini didapat karena dia bisa menurunkan kandungan air pada tubuhnya hingga mengurangi jumlah reaktan yang bisa dirusak ion radioaktif.

5. Luar Angkasa

Tidak hanya di bumi, beruang air sakti ini juga mampu bertahan di vakum luar angkasa, bahkan beberapa diantaranya masih bisa bertelur! Selama 10 hari, tardigrades dibawa pada misi di orbit rendah dan dipaparkan vakum luar angkasa dan radiasi UV. Sekitar 68% dari mereka yang tidak secara langsung terpapar radiasi hidup dan bertelur, dan tersisa 3 subjek yang bertahan terkena hantaman vakum dan radiasi tinggi.

0 comments:

Post a Comment