Friday, April 28, 2017

Cara Membatalkan Email yang dikirim di Gmail

KOMPAS.com - Era digital memberikan toleransi yang tinggi untuk orang yang berbuat salah. Misalnya saja saat mengetik kata yang keliru di layar komputer. Anda cukup tekan "backspace" atau "delete" untuk menghapus dan memperbaikinya.

Begitu pula di beberapa aplikasi digital yang mematrikan pilihan "undo" untuk meralat perintah. Kini, Gmail pun dilengkapi opsi "undo" ketika mengirim e-mail, sebagaimana dilaporkan Mashable dan dihimpun KompasTekno, Selasa (25/4/2017).

Pengguna tak perlu lagi panik ketika mengirim e-mail yang semestinya untuk si A, tapi malah sampai ke si B. Asal cepat menyadari kesalahan, fitur yang dinamai "Undo Send" pada Gmail akan membantu.

Lantas, bagaimana cara meralat atau menghapus e-mail yang terlanjur dikirim ke orang tertentu di Gmail?

Pertama-tama, perlu diketahui bahwa opsi ini baru tersedia di desktop. Anda cukup membuka laman Gmail seperti biasa, lantas pilih ikon gear di sisi kanan atas untuk masuk ke "Settings".

Gulir pilihan ke bawah hingga Anda menemui kotak berlabel "Enable Undo Send". Pilih label tersebut dan Anda bisa memilih periode untuk menarik kembali e-mail yang sudah dikirim.

Periodenya dibatasi dari 5 detik, 10 detik, 20 detik, hingga 30 detik. Jika e-mail terkirim lebih dari batas waktu yang dipilih, maka kesalahan tak bisa diralat.

Setelah memilih periode ralat, gulir lagi ke bawah hingga Anda menemui kota "Save Changes" yang memerintahkan untuk menyimpan perubahan. Hanya dengan langkah kecil tersebut, Anda bisa memperbaiki kesalahan yang fatal.

Di masa mendatang, setelah mengirim e-mail yang salah dan menyadarinya seketika, Anda bisa menarik e-mail agar tak dibaca sang penerima. Caranya mudah, segera tekan tombol "Undo" yang muncul di bagian tengah atas layar.

Anda punya kesempatan kedua untuk mengirimkan email yang sudah benar pasca direvisi. Selamat mencoba!

0 comments:

Post a Comment